CARA MERAWAT DAN MELATIH AYAM ADUAN


Pada dasarnya semua jenis ayam aduan memiliki fostur yang bagus, akan tetapi butuh rawatan dan latihan untuk menyempurnakan tubuhnya agar tetap ideal seperti latihan khusus dan pemberian suplement khusus untuk ayam yang sedang dilakukan perawatan menjelang turun di arena.

Untuk Proses latihan  haruslah dengan teknik khusus, karen tidak semua jenis ayam laga bisa dilakukan dengan cara dan jenis latihan yang sama, terlebih pada saat ini banyak sekali jenis-jenis ayam aduan`   dengan teknik dan pola bertarung yang berbeda.
Akan tetapi ayam laga yang dipersiapkan untuk tarung harus memiliki fisik dan mental yang kuat sebelum diturunkan,oleh karena itu dibutuhkan latihan yang tepat sesuai jenis dan teknik bertarungnya.

Berikut 4 cara dasar untuk melatih ayam bangkok,
  1. Cara melatih bagian leher, kelenturan leher ayam aduan akan berpengaruh besar pada pada kelincahan dan gesit dalam menghindari serangan dari lawan,ser5ta dengan kelenturan leher akan memudahkan proses serangan lebih terarah pada lawan.otot leher dipijat setiap pagi, lakukan pijatan kearah kanan dan kearah kiri dan lakukan pijatan secara teratur minimal 30 kali,kecepatan tangan harus teratur sekitar 1 detik setiap gerakan
  2. Cara melatih bagian badan,

  • Latihan untuk Badan

Badan menjadi kunci ayam bangkok super untuk bergerak dengan lebih leluasa. Latih gerakan badan ayam bangkok dengan senam ringan setiap paginya.

Cara melakukannya, yakni dengan memutar tubuh ayam ke arah kanan dan kiri. Masukkan tangan diantara celah sayap ayam. Gerakkan tubuh ayam sebanyak 30 kali mengarah ke samping kanan dan kiri.

  • Latihan untuk Kaki

Kaki menjadi senjata ayam bangkok aduan. Latihan kaki sudah jadi keharusan bagi ayam petarung. Caranya sederhana, sobat ps12 hanya perlu menggerakkan punggung ayam ke bawah lalu ke depan paling banyak 30 kali.

  • Latihan Sayap

Gerakan latihan ini memperkuat otot sayap ayam bangkok. Pergerakan dalam latihan ini akan membuat otot sayap ayam Pins makin lentur dan lincah saat digerakkan.

Pins bisa memulai latihan ini dengan mengangkat tubuh ayam tinggi-tinggi. Lalu, gunakan tangan kanan Pins untuk memegang dada ayam dari belakang. Selanjutnya, tangan kiri Pins memegang bagian pangkal ekor.

Setelah itu, lepaskan tangan kanan dan kiri dengan diarahkan turun ke bawah. Gerakan ini akan membuat ayam mengepakkan sayap sehingga ototnya jadi terlatih

Ayam bangkok tidak bisa begitu saja dibiarkan bertarung. Mereka perlu kita latih, biarpun berasal dari jenis wiring kuning yang berkualitas sekelas ayam import. Ayam harus tetap diajari cara bertarung. Berikut cara melatih pukulan ayam agar jitu.

  1. Pembentukan Otot Kaki

Pembentukan kekuatan otot kaki bisa di lakukan dengan memberi beban pada kaki ayam dan membiarkannya bergerak. Sobat ps12 juga bisa memasukkannya ke dalam kurungan yang pendek bersama ayam lain. Kondisi kurungan tersebut akan membuat ayam bergerak aktif.

Apabila ayam sudah terlihat kecapekan, segera hentikan latihan. Asalkan dilakukan dengan rutin, latihan tersebut akan membuahkan hasil.

  1. Melatih Kecepatan Pukulan

Kecepatan pukulan dari ayam bangkok bisa di asah dengan cara membuatnya berlari mengitari kurungan. Supaya ayam mau mengitari kurungan, masukkan betina atau pejantan lain dalam kurungan. Latihan ini bisa dilakukan 1–2 jam setiap harinya.

  1. Latihan untuk Melompat

Lompatan akan membuat gerakan menghindar dan menyerang kepala lawan menjadi lebih cepat dan juga bisa melatih kemampuan lompatan ayam bangkok dengan menaruhnya dalam kandang beratap tinggi. Kemudian biarkan ayam melompat-lompat beberapa waktu.



Gambar ayam bangkok di atas, menunjukkan ayam bangkok yang sedang bertarung. Ayam akan mengalami pukulan saat bertarung. Oleh karena itu, ayam harus dilatih untuk tahan terhadap pukulan. Caranya dengan membiasakan ayam latihan bertarung selama 15–20 menit.

Selain itu, kebugaran ayam bangkok juga harus di jaga.  bisa menggunakan ramuan sebagai tambahan makanan atau olesan badan. Berikut ini racikan yang bisa gunakan.

  • Gunakan kunyit yang dihaluskan dengan campuran kapur dan air hangat untuk dioles ke badan ayam bangkok. Olesan tersebut berguna untuk mempertebal kulit ayam sehingga tahan terhadap pukulan saat beradu.
  • Tumbuh atau sobek kecil daun nangka tua, kemudian campur bersama pakan ayam. Ramuan tersebut akan membuat ayam lebih sehat.

Pembuatan racikan khusus sebagai tambahan makanan ayam bisa pula berikan pada anak ayam bangkok yang sudah cukup umur. Dengan demikian, ayam tersebut bisa tumbuh kuat dan punya daya tahan yang bagus.


Pernapasan yang kuat dan panjang akan menjadikan ayam bangkok lebih tahan bertarung lama. Hal ini dapat membuat ayam bangkok Anda menjadi juara. Berikut ini beberapa cara melatihnya.

  • Latihan Berenang

Latihan renang sangat baik untuk melatih kekuatan otot di seluruh tubuh ayam bangkok. Latihan ini juga membuat napas ayam bangkok menjadi lebih kuat.

  • Latihan Bertarung di Bawah Sinar Matahari

Ayam bangkok yang dilatih beradu saat terik matahari akan lebih berdaya tahan dan punya stamina yang bagus. Cuaca panas akan mendorong ayam berlatih pernapasan. Sebelum latihan ini dilakukan, persiapkan ayam dengan baik.

  • Melatih Kecepatan Napas dengan Berlari

Latihan berlari jelas akan memacu napas ayam bangkok Pins. Makin lama ketahanan larinya, makin bagus pula pernapasan ayam. Hal ini bisa menjadikan ayam bangkok Pins istimewa.

Kesimpulannya, ayam bangkok aduan harus dilatih dengan baik. Latihan akan memperkuat fisik, tenaga, pukulan, dan napas ayam menjadi lebih teratur.

Untuk mendapatkan berbagai alat latihan ayam seperti

#ALATSTEAMELEKTRIK

#BARBEL

#BUNGKUS PARUH

#BUNGKUS JALU

#KISO

#TAS AYAM

#PISAUJALUAYAM

#KAINSTEAM/STIM

#SPONAYAM

#BUSAAYAM

#SHAMPOAYAM

Info dan pemesanan hubungi CP. 085265137755


LAINNYA:

CARA STEAM AYAM ADUAN


Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!