Cara suntik vaksin pada ayam yang benar


Vaksin suntik pada ayam
secara prinsip dilakukan dengan menyuntikkan cairan vaksin agar masuk ke tubuh ayam. Bagian dari tubuh ayam yang disuntik yaitu area di bawah kulit (subcutan) leher bagian belakang sebelah bawah atau otot (intramuscular) bagian dada dan paha. Vaksinasi melalui penyuntikan wajib dilakukan dengan hati-hati.
Kecerobohan sedikit saja dalam memberikan vaksin pada ayam dapat mengakibatkan kegagalan hingga dampaknya sangat fatal. Di antaranya yaitu leher terpuntir, bengkak pada leher, infeksi bakteri, lemas, kurang bergairah, serta kematian.

Berikut ini langkah-langkah dalam pelaksanaannya :
  1. Disarankan untuk selalu menggunakan alat suntik yang baru. Namun jika Anda kesulitan mendapatkannya, alat suntik lama yang akan dipakai lagi wajib direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 30 menit. Pastikan seluruh bagian alat suntik bersih dan steril.
  2. Keluarkan vaksin dari tempat penyimpannya. Kocok vaksin tersebut secara hati-hati sebelum digunakan biar tercampur rata dan bersifat homogen. Jangan lupa untuk mengeluarkan udara yang terjebak di dalam alat suntik dengan menekannya perlahan hingga seluruh udara berhasil dikeluarkan.
  3. Larutkan terlebih dahulu vaksin ke dalam aquades dengan perbandingan yang benar. Perbandingan yang biasa dipakai yaitu 2:1. Jadi vaksin sebanyak 500 dosis harus dilarutkan ke dalam 250 cc aquades. Selanjutnya dosis yang diberikan kepada ayam yakni 0,5 cc/ekor di bagian otot dada. atatu gunakan langsung vaksin cair yang sudah trsedia dan mudah cara penggunaannya. silahkan klik DISINI
  4. Suntiklah ayam dengan hati-hati pada posisi yang tepat. Gunakan vaksin sesuai jumlah dosis yang dianjurkan. Ayam yang akan diberi vaksin sebaiknya diberikan vitamin anti stres, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan vaksinasi. Tujuannya supaya kondisi tubuh ayam tersebut tetap stabil
Info lainnya:

 TIPS AGAR TULANG AYAM ADUAN TEBAL DAN KUAT

MESIN PENETAS TELUR

PUSAT OBAT DAN DOPING AYAM LAGA

SUPPLIER TAS AYAM

SUPLAY BUNGKUS PARUH,JALU DAN PERLENGKAPAN AYAM LAGA

DISTRIBUTOR SEPATU AYAM,BARBEL,BUNGKUS PARUH DLL.

CENTRAL MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

ALAS KURUNGAN TERBAIK DESIGN MEWAH 

RING ARENA AYAM/GEBER, DESIGTN MEWAH DAN KUAT

DOPING INSTAN KELAS ATAS BERKUALITAS DAN AMAN

Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!