Home » , , , , , , , , , » Manfaat beras merah buat ayam bangkok aduan

Manfaat beras merah buat ayam bangkok aduan


Dalam memelihara ayam aduan, kebutuhan pakan ayam aduan harus diperhatikan secara benar karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kondisi fisik ayam aduan tersebut. pakan ayam aduan sebaiknya memenuhi kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, hijauan, vitamin dan mineral.

 Kebutuhan kandungan nutrisi tersebut berbeda pada setiap umur ayam dan jenis ayam aduan tersebut.  Beras merah pada umumnya mempunyai bentuk yang sama dengan beras lainnya, namun dibalik warnanya yang merah dan berbeda dengan beras lain pada umumnya, beras merah memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh ayam aduan. di dalam beras merah terkandung bermacam vitamin dan gizi yang sangat diperlukan tubuh ayam aduan seperti vitamin B dan vitamin E yang tinggi. beras merah juga bermanfaat sebagai obat berbagai macam penyakit, selain itu di dalam beras merah terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat seperti mineral, gizi, vitamin dan serat, fenolat sebagai selenium bahkan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan ayam aduan.

Pakan beras merah diberikan setelah ayam dewasa yaitu setelah pertumbuhan bulunya selesai. beras merah mengandung kadar protein yang tinggi mengandung rendah lemak dan mudah dicerna. ayam yang diberi pakan beras merah akan menjadi kekar dan padat hanya bobot ayam menjadi berat. namun hal tersebut sesuai dengan ayam yang mempunyai teknik pukulan yang keras. sangat cocok diberikan pada ayam aduan tipe jalu dengan pertumbuhan jalu yang sangat cepat. berbeda dengan jagung yang diberikan pada ayam pukul dimana ayam aduan jenis ini mempunyai pertumbuhan jalu lambat maupun lepek ( tidak tumbuh jalu ). jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan beras merah. kandungan fosfor dan kalsium berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tulang, pertulangan ayam menjadi kuat dan besar karbohidrat menjadikan ayam mempunyai tenaga yang besar dan pukulan keras, dan cara pemberian jagung ini direndam dulu sebelum diberikan pada ayam aduan supaya lebih lunak.

Untuk menambah kebutuhan nutrisi maka ayam aduan dewasa sebaiknya juga diberi pakan tambahan berupa hijau-hijauan misalnya saja dari sayur kangkung, kecambah, toge dan daun pisang muda. disamping  itu ada juga beberapa penggemar ayam aduan yang menambahkan gabah ke dalam pakan ayam aduannya. pemberian gabah ini sebaiknya jangan terlalu banyak karena untuk ayam jago yang tidak terbiasa akan sulit buang kotoran. sebaiknya gabah ini hanya dijadikan camilan saja bukan sebagai kanan pokok...

INFO LAINNYA:

TIPS CARA AGAR TULANG AYAM ADUAN TEBAL DAN KUAT

MESIN PENETAS TELUR

PUSAT OBAT DAN DOPING AYAM LAGA

SUPPLIER TAS AYAM

SUPLAY BUNGKUS PARUH,JALU DAN PERLENGKAPAN AYAM LAGA

DISTRIBUTOR SEPATU AYAM,BARBEL,BUNGKUS PARUH DLL.

CENTRAL MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

ALAS KURUNGAN TERBAIK DESIGN MEWAH 

RING ARENA AYAM/GEBER, DESIGTN MEWAH DAN KUAT

DOPING INSTAN KELAS ATAS BERKUALITAS DAN AMAN

Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. usahakan ayam tidak terlalu gemuk

    BalasHapus
  2. betul sekali pak sam, untuk itu jika ayam yang sedang dipersiapkan harus dikontrol pola makan dan nutrisinya.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!