Cara seekor ayam jantan membuahi induk betina


PROSES PEMBUAHAN PADA SEL TELUR

Siapa yang membuahi babon ayam? apakah cukup 1 ayam jantan? mari kita simak penjelasan berikut:

1. pada ayam betina yang subur, ketika ayam jantan mengawini betina, sperma akan menuju ke oviduct, pada saat itu pula kuning telur akan dilepaskan dan menuju oviduct, disinilah sperma akan membuahi sel telur tersebut.

2. sperma yang dilepaskan ayam jantan akan tersimpan di oviduct, sperma ini mempunyai kemampuan full untuk membuahi hanya sampai sekitar 4-5 hari, setelah itu kemampuan untuk membuahi sel telur menjadi berkurang dan jika tidak dikawinkan lagi kemungkinan telur berikutnya tidak dibuahi dan tidak menetas.

3. inilah mengapa ayam betina selalu minta dikawini ayam jantan setiap hari, karena masa hidup sperma terbatas dan melemah setelah 4-5 hari setelah ayam kawin.

4. tidak ada cara untuk mengetahui apakah sebuah telur itu berhasil dibuahi apa belum, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah setelah 4 hari masa pengeraman, bisa menggunakan senter, apakah ada embrio ataukah kosong/tidak dibuahi

5. untuk mengawinkan ayam betina dengan 2 pacek, maka sulit untuk menentukan keturunannya dari pacek yang satu atau yang satunya lagi karena akan ada persaingan sperma di oviduct, jadi sebaiknya yang ingin mengawinkan ayam agar jelas ayah dari anak ayamnya sebaiknya menggunakan 1 pacek saja biar tidak bingung. kecuali mempunyai laboratoriun tes DNA sendiri.

6. ayam betina yang bertelur sebelum dibuahi, telur2 berikutnya masih bisa diselamatkan agar bisa menetas dengan dikawinkan dengan pejantan, jadi telur2 yang sebelum dikawinkan diambil aja

7. jika anda mempunyai ayam betina yang bertelur sebelum dikawinkan, maka sebaiknya digoreng saja.




Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!