Kualitas anak dara/pertama


Banyak orang bertanya-tanya mengenai, apakah ayam betina/babon dedara yang baru pertama bertelur jika ditetaskan anakannya kurang bagus? Mungkin hampir semua forum yang berbicara tentang ayam telah membahasnya tapi tidak sedikit juga orang yang masih belum mengetahuinya.

 Disini saya akan sharing pengalaman saya ketika saya memulai beternak ayam Bangkok.
Umur ayam betina baru bertelur berkisar 6-7 bulan, dan telur yang dihasilkan berkisar 7-10 butir telur. Jumlah telur selama masa bertelur akan semakin bertambah sesuai dengan perkembangan umur ayam tersebut berkisar 10-15 telur (betina dewasa di atas 1 tahun).Saya melakukan percobaan dengan 5 ekor ayam dengan bobot seragam (betina ukuran 5-5,5), 3 ekor ayam betina yang baru pertama bertelur dan 2 ekor ayam betina dewasa.

Ketika semua telur saya tetaskan, masing2 DOC ayam diletakkan di kandang khusus anakan dengan induknya sekalian bukan dengan lampu/pemanas, klik disini cara merawat anakan 1-4 bulan . Sampai saat ini tidak terjadi permasalahan karena masing2 ayam telah diberikan nutrisi pakan yang cukup memadai. Selang 2 bulan kemudian, disinilah letak perbedaanya sudah terlihat dimana anakan dari 2 ekor ayam betina dewasa lebih gesit dan lincah serta pertumbuhannya relatif lebih cepat.Setelah lebih dari 7 bulan memantau perkembangan dedara ayam yang saya tetaskan tadi hasilnya kurang optimal, saya tidak mengatakan anakannya jelek hanya saja kurang optimal harusnya bisa lebih bagus. Kalaulah saya berikan nilai termasuk anakan Grade B dan biasanya saya potong sendiri. Akan tetapi ayam dedara tadi setelah bertelur di atas 5 kali, hasilnya baru bisa saya katakan Grade A.

Kesimpulan:

1.  Anakan dari ayam dedara hasilnya masih kurang optimal seharusnya anakan yang dihasilkan bisa lebih bagus daripada sebelumnya setelah berumur di atas 10 bulan.
2. Jika Anda ingin memulai beternak ayam Bangkok aduan dan sejenisnya, sebaiknya Anda mencari betina yang telah siap untuk diternak umur di atas 1 tahun atau minimal > 10 bulan. Semakin betinanya cukup umur anakan yang dihasilkan pun sangat bagus dan optimal.
Variabel yang membuat perbedaan hasil percobaan dengan peternak lain yaitu umur ayam, ransum pakan, cara penetasan, kandang anakan, ukuran dan jenis ayam." Semoga ilmu ini bermanfaat bagi rekan2 pecinta ayam aduan di seluruh Indonesia agar lebih menghasilakan ayam2 petarung berkualitas sampai pelosok nusantara.

INFO LAINNYA:

TIPS CARA AGAR TULANG AYAM ADUAN TEBAL DAN KUAT

MESIN PENETAS TELUR

PUSAT OBAT DAN DOPING AYAM LAGA

SUPPLIER TAS AYAM

SUPLAY BUNGKUS PARUH,JALU DAN PERLENGKAPAN AYAM LAGA

DISTRIBUTOR SEPATU AYAM,BARBEL,BUNGKUS PARUH DLL.

CENTRAL MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

ALAS KURUNGAN TERBAIK DESIGN MEWAH 

RING ARENA AYAM/GEBER, DESIGTN MEWAH DAN KUAT

DOPING INSTAN KELAS ATAS BERKUALITAS DAN AMAN

Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!