Cara memilih indukan ayam bangkok berkualitas

Salam sukses gan...!!!

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara memilih indukan juara, mungkin para senior sudah pada tahu dalam memilih indukan yang unggul dan yang akan melahirkan keturunan juara. Akan tetapi buat penghoby pemula tidak semudah itu dalam memilih calon indukan yang di atas rata-rata.
Untuk itu jagoopacok berusaha mengumpulkan informasi dari para senior yang telah saya uji keberhasilannya, serta dari pengalaman pribadi saya selama berternak ayam bangkok juara.
Memang dalam memilih calon indukan ayam bangkok yang berkualitas itu gampang-gampang susah, apalagi itu buat pemula.

Namun tidaklah sesulit yang dipikirkan,dan tidak juga semudah yang dibayangkan,cuma butuh ketelitian dalam memilih,dan ciri-cirinya sbb.:

Ciri-Ciri induk jantan berkualitas juara

  1. Kepala seperti buah pinang
  2. Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar
  3. Tulang leher rapat
  4. Kepak sayap rapat ke badan
  5. Paruh melengkung sepeti paruh elang & agak panjang
  6. Kaki & sisiknya kering
  7. Jari kaki halus & panjang
  8. Tulang ekor (tulang sapit udang) rapat & keras
  9. Mempunyai kokok yg besar
  10. Bulu mengkilat
  11. Memiliki badan yg bulat seperti batang pinang
  12. Memiliki tulang yg kokoh & tegak seperti burung elang 

Ciri-ciri induk betina yang berkualitas juara

  1. Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
  2. Mata menjorok kedalam dan bersih
  3. Badan kalau di pegang seperti botol atau seperti batang pinang
  4. Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
  5. Tulang sapit udang lebar 3-4 jari
  6. Tidak pernah sakit dari anakan
  7. Jika ada tajinya lebih bagus
  8. bulu mengkilat
Cara mengawinkan ayam bangkok

Mengawinkan indukan bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (dogdogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini betinanya. cara ini terkenal cukup efektif dan cepat dapat keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak sulit untuk mengawini induk betina dengan cara dogdogan, namun sebaiknya indukan dikawinkan didalam kandang umbaran.

Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina, kecuali kalau pejantan sudah terlalu tua cukup 1-2 induk betina saja. perkawinan juga bisa dengan inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan dikarenakan perkawinan alamiah juga terhitung cukup gampang dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi.

induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas,tidak lebih dari 20 butir setiap priodenya. Hal ini berbeda dengan ayam kampung yang mampu bertelur hingga 40 butir setiap priode. Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induk atau di mesin penetas, untuk usaha kecil penetasan bisa dilakukan oleh induknya. tetapi untuk usaha skala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan pakai mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.

Anak ayam menetas di erami oleh induknya setelah 21 hari atau sama dengan menggunakan mesin tetas. Anak ayam yang baru menetas bisa di tempatkan di kandang fostal setela minimal umur 2 hari, namun sebaiknya anak ayam setelah umur seminggu baru di pisahkan dari induknya. Kandang fostal dilengkapi dengan pemanas buatan seperti lampu listrik, namun jika tidak ada pemanas buatan,sebaiknya pada malam hari kandang diberi penutup pada dinding kandang yang berlobang itu untuk meminimalisir jika kemungkinkan ayam kedinginan.
Satu hal yang perlu di perhatikan dalam mengawinkan ayam bangkok adalah, tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama). Namun perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih di perkenankan. Begitu8 juga perkawinan antara induk (F1) dan cucu (F3).

Berhubung ayam bangkok dikenal dengan ayam yang sedikit pemalas mengerami telurnya, dan di kuatirkan telur tidak menetas secara maksimal,sebagai solusi bisa di gantikan dengan induk ayam kampung dengan cara di tukarkan telurnya dengan telur ayam kampung yang sedang mengerami juga,atau jika ingin yang lebih praktis menggunakan mesin penetas telur..
trims...


INFO LAINNYA:

TIPS CARA AGAR TULANG AYAM ADUAN TEBAL DAN KUAT

MESIN PENETAS TELUR

PUSAT OBAT DAN DOPING AYAM LAGA

SUPPLIER TAS AYAM

SUPLAY BUNGKUS PARUH,JALU DAN PERLENGKAPAN AYAM LAGA

DISTRIBUTOR SEPATU AYAM,BARBEL,BUNGKUS PARUH DLL.

CENTRAL MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

ALAS KURUNGAN TERBAIK DESIGN MEWAH 

RING ARENA AYAM/GEBER, DESIGTN MEWAH DAN KUAT

DOPING INSTAN KELAS ATAS BERKUALITAS DAN AMAN

Thanks for reading & sharing TAJI BANGKOK INDONESIA

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

2 comments:

Silahkan tinggalkan komentarnya gan,seputar pertanyaan,kritik dan saran.
Harap berkomentar dengan baik serta bijaksana.
Dan terimakasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat...!!!